3 Tersangka KUD Dijebloskan ke Rutan – Ambon Ekspres
Hukum

3 Tersangka KUD Dijebloskan ke Rutan

Tampak, Tiga tersangka korupsi dana KUD Kakerisa yang akan dijebloslan ke Rutan kelas II A Ambon, usai jalani pemeriksaan selama tujuh jam di Kejari Ambon. (Foto, Aldo Ameks)

AMEKS ONLINE, AMBON- Kejaksaan negeri Ambon resmi menjebloskan tiga tersangka kasus dugaan korupsi dana bergulir KUD Kekerisa tahun 2010-2015 di Desa Abubu, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah ke Rutan Klas II A Ambon.

Ketiga tersangka itu, yakni Ketua KUD Kekerissa Pieter Peilouw, Sekretaris Jhon Lolopua dan Frans Lekahena selaku bendahara. Penahanan terhadap ketiga tersangka itu dilakukan usai diperiksa sebagai saksi di ruang Pidsus Kejari Ambon oleh tim penyidik Pidsus, Asmin Hamja dan Vitalis Teturan.

Penahanan dilakukan kemarin setelah ketiganya menjalani pemeriksaan. Mereka didampingi Penasihat Hukum (PH), Charles Litaay dan Jack Wenno. Ketiganya ditanyai puluhan pertanyaan selama kurang lebih tujuh jam sejak pukul 10.00 hingga 17.00, terkait dengan jabatan dan peranan ketiganya.

Kajari Ambon Robert Ilat mengatakan, penahanan yang dilakukan terhadap ketiga tersangka hanya untuk memastikan mereka tidak melarikan diri, tidak mengulangi perbuatan yang sama serta tidak menghilangkan barang bukti.

Setelah itu penyidik akan segera merampungkan berkasnya agar segera dilimpahkan ke penuntutan.”Penyidik akan segera merampungkan berkasnya agar segera dilimpahkan ke penuntutan untuk diteliti,” katanya.

Sebelumnya, Kejari Ambon menetapkan tiga pengurus KUD Kekerisa, di Desa Abubu, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah sebagai tersangka dugaan korupsi dana bergulir tahun 2010-2015, yang terindikasi merugikan negara sebesar Rp.254. 679.933. Mereka yang ditetapkan sebagai tersangka yakni, Ketua KUD Kekerissa Pieter Peilouw, Sekretaris Jhon Lolopua dan Frans Lekahena selaku bendahara. (M1)

Most Popular

To Top