Oknum BRI Pencuri Uang Nasabah Tertangkap di Papua – Ambon Ekspres
Berita Utama

Oknum BRI Pencuri Uang Nasabah Tertangkap di Papua

TANGKAP : Polisi menangkap Abdul Rahman (tengah), oknum karyawan BRI Cabang Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) di Jayapura, Provinsi Papua. Pelaku kabur setelah menggasak uang nasabah mencapai ratusan juta rupiah.

AMEKS ONLINE, AMBON.–Kapolres Pulau Buru AKBP Adityanto Budi Satrio melalui Kasat Reskrim AKP M Ryan Citra Yudha kepada koran ini menandaskan, Abdul Rahman ditangkap dalam pelariannya ke Jayapura. Dia dilaporkan terkait tindak pidana penipuan dan penggelapan uang milik puluhan nasabah BRI Namrole.

Total dia menggasak uang nasabah hampir mencapai Rp 1 miliar. “Setelah kita ketahui yang bersangkutan lari ke Papua, kita langsung lakukan koordinasi dengan Polda Papua. Anggota kita ke sana (Papua), di back up personil Buser Polres Jayapura, sehingga dilakukan penangkapan terhadap DPO Abdul Rahman ini,” tandas Ryan, Kamis (12/4).

Ryan menjelaskan, modus operandi pelaku yang bertugas melayani kredit nasabah BRI Cabang Namrole ini adalah tidak menyetor uang nasabah. Uang tersebut malah digunakan untuk keperluan pribadi. ”Jadi, ketika nasabah menyetor uanga simpanannya ke pelaku yang bertugas melayani simpanan nasabah, tidak disetor ke rekening BRI, melainkan di masukan ke nomor rekening pribadi pelaku. Setelah itu pelaku kabur diam-diam ke Jayapura tahun 2017,” jelas dia.

Ryan merinci, pelaku ditugaskan di bagian Kupedes BRI Namrole. Saat itu pelaku dititipi uang sebesar Rp 562 juta , oleh salah seorang nasabah Bank BRI Unit Namrole. Usai menerima uang tersebut, pelaku menyetornya ke rekening pribadinya.

Setelah itu, pelaku diam-diam cuti kerja selama 20 hari, dan kabur ke Jayapura. Curiga dengan pelaku tak lagi masuk kerja, pimpinan BRI unit Namrole Suntoro Gunorso akhirnya mengecek rekening titipan dengan menggunakan mesin EDC.
“Suntoro Gunorso kaget karena uang setoran simpanan dan pinjaman dari nasabah yang diserahkan ke pelaku tidak di setor ke kas kantor BRI sebesar Rp 562 juta. Malah uang tersebut dibawa kabur pelaku. Ternyata, setelah diselidiki, tidak hanya satu orang. Ada sekitar 15 orang nasabah yang duitnya juga digelapkan pelaku. Kasus ini di laporkan ke kita pada 20 Juli 2017,” jelas dia.

Dikatakan, pihaknya sempat terkendala melacak pelarian pelaku. Pelaku sering berpindah-pindah tempat tinggal. “Pelaku berpindah-pindah tempat dari bulan Juli 2017 sampai April 2018. Terakhir pelaku terlacak di Jayapura dan dari situ kami langsung melakukan koordinasi dengan Polres Jayapura untuk penangkapan,” akuinya.

Dipastikan saat penangkapan, pelaku sempat mau melarikan namun karena terdesak akhirnya berhasil ditangkap. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti mesin EDC dan 1 buah kartu ATM BRI.

Saat ini, kata dia, pelaku diamankan di tahanan Polres Jayapura. Dia segera dibawa ke Polres Buru. ‘’Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 372 dan atau pasal 378 KUHPidana maksimal 10 tahun penjara,’’ pungkas dia.(ERM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top