Raja Tawiri Kesandung Kasus Tanah – Ambon Ekspres
Berita Utama

Raja Tawiri Kesandung Kasus Tanah

AMEKS ONLINE, AMBON.– Raja Negeri Tawiri, Jacob Nicolas Tuhuleruw bersama stafnya, hadiri pemeriksaan kedua di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku. Pemeriksaan Tuhuleruw terkait dugaan korupsi pembebasan lahan senilai Rp4,3 milyar untuk dermaga TNI AL di Negeri Tawiri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Sumber Ambon Ekspres di Kejati Maluku menyebutkan, Jacob Nicolas Tuhuleruw hadir di Kejati sekitar pukul 12.00. Mereka jalani pemeriksaan kurang lebih 3 jam. Dalam pemeriksaan itu, mereka ditanya seputar proses pembebasan lahan untuk dermaga TNI AL seluas 11 hektare lebih.

“Iya tadi memang Raja Tawiri bersama beberapa orang jalani pemeriksaan selama tiga jam di Kejati.” beber sumber, Rabu (18/4).  Sebelumnya, Raja dan stafnya dilaporkan saniri negeri Tawiri di Kejati. Saniri menduga ada indikasi korupsi dalam proses pembebasan lahan 11 hektare lebih untuk dermaga TNI AL.

Saniri pun melaporkan kasus dugaan korupsi yang terjadi diantara tahun 2016-2017.  Sebelumnya, untuk memuluskan proses pembebasan lahan, Raja Tawiri pun nekad tabrak aturan. Raja malah menunjuk Kaur Umum Negeri Tawiri SR yang adalah orang dekatnya untuk membuat dokumen pembebasan lahan yang dananya bersumber dari APBN. Saat itu sekretaris Negeri Tawiri DH masih aktif.

Sedangkan, JS, salah satu pemilk lahan sebanyak 11 objek yang ikut dikapling untuk dermaga TNI AL tersebut uangnya pun tak jelas. Pasalnya sampai sekarang pemerintahan Negeri Desa Tawiri baru membayar 5 objek dengan dana Rp1,1 milyar. Sedangkan yang seharusnya pemerintahan negeri Tawiri bayarkan untuk lima objek tersebut adalah Rp3,6 milyar.

Diketahui, kasus pembebasan lahan dermaga TNI AL senilai Rp4,3 milyar ini sempat menyeret Kepala BPJN wilayah IX Maluku dan Maluku Utara, Amran Mustari tersebut. Dan sejak kasus ini jalan hingga kini Kejati Maluku belum bisa berkomentar. “Karena kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan, belum bisa dipublikasikan secara luas kepada masyarakat.”ujar Kasi Penkum Kejati Maluku Samy Sapulette belum lama ini. (M1)

Most Popular

To Top