Telat Lapor SPT, Denda Menanti – Ambon Ekspres
Ekonomi

Telat Lapor SPT, Denda Menanti

AMEKS ONLINE.–Wajib pajak (WP) diingatkan untuk tepat waktu dalam melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Tahunan. Bila terlambat, maka akan dikenakan sanksi denda. Demikian disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Ambon, La Sikamba kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menyatakan, wajib pajak (WP) yang terlambat melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp100 ribu hingga Rp 1 juta.

“WP orang pribadi yang terlambat menyampaikan SPT 2017 akan dikenakan denda Rp100 ribu per bulan, sedangkan WP badan akan dikenakan denda Rp1 juta. Sanksi tersebut masih bisa bertambah,” katanya.

Adapun batas waktu penyampaian SPT WP orang pribadi paling lambat 31 Maret 2018, sedangkan WP badan paling lambat 30 April 2018. Yang mendukung agar SPT ini tercapai, kata dia, tentu seluruh stakeholder. “Sejauh ini jumlah SPT yang ditargetkan telah mencapi 97 persen. Dimana 70 persen dari total tersebut lebih mendominan pada wajib pajak secara pribadi. Karena wajib pajak baik UMKM maupun usaha pribadi, kemudian pegawai pemerintah dan swasta didoorng untuk mengisi SPT,” bebernya.

Sikamba mengatakan, Maluku merupakan daerah yang sadar pajak. Hal itu terbukti sebelum berakhirnya pengisisan SPT, KPP 97 persen WP yang ditargetkan telah membayar SPT Tahunan. “Dimana kuantitas pencapaian dari semua ruang kami upayakan untuk bisa ada akses dan pengetahuan mengenai pajak.

Dia juga memastikan, DJP belum ada rencana untuk memperpanjang batas pelaporan SPT bagi wajib pajak. Pasalnya, DJP telah menambahkan sejumlah pelayanan untuk mendukung pelaporan SPT. Selain itu, DJP melihat memang sudah jadi kebiasaan bagi wajib pajak baru menyampaikan SPT jelang batas akhir. (IWU)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top