Ada Yang Salah di Jalan Passo – Ambon Ekspres
Berita Utama

Ada Yang Salah di Jalan Passo

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON— DPRD Maluku merespon cepat aksi yang dilakukan warga Passo. Protes mereka terkait kerusakan jalan yang tak kunjung diperbaiki pemerintah. Sebelumnya masyarakat sempat melakukan penutupan jalan sebagai bentuk protes atas ketidak pedulian pemerintah.

etua Komisi B DPRD Provinsi Maluku, Everd Herman Kermite juga menduga ada ketidak beresan dalam perbaikan bahkan peningkatan kualitas jalan tersebut. Pasalnya belum lama diperbaiki, jalan itu kembali mengalami kerusakan. “Pihak BPJN (Balai Pembangunan Jalan Nasional) Wilayah IX Maluku dan Malut tidak pernah melakukan pengawasan turun lapangan,” kata Everd.

Everd menyarankan agar penegak hukum dapat melakukan penyelidikan terhadap jalan yang berlubang di Negeri Passo. “Itu menandakan bahwa kualitas jalan itu tidak representatif. Karena itu, baik polisi maupun Kejaksaan harus melaksanakan penyelidikan terhadap jalan tersebut,” ujar Everd.

Sebelumnya puluhan warga di Desa Passo, Kecamatan Baguala Kota Ambon melakukan aksi protes. Aksi itu dilakukan dengan demonstrasi dan menutup ruas jalan Sisingamangaraja, Kamis (26/4) sekira pukul 12.00 WIT.

Aksi di pertigaan Mako SPN Polda Maluku, Negeri Passo ini dilatari kekecewaan terhadap pemerintah yang acuh dengan kondisi jalan yang sudah rusak. Padahal, ruas jalan itu merupakan akses utama transportasi yang dilalui warga Kota Ambon.

Warga mengancam, bila pemerintah tidak segera memperbaiki kerusakan jalan itu, mereka akan melakukan pemblokiran sehingga tidak ada akses untuk melawati ruas jalan itu.
Mereka kecewa karena kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Dikuatirkan, hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan lalulintas bagi pengguna jalan.

Aksi demo damai ini dilakukan perkumpulan pemuda ojek, Desa Passo dan Desa Hutumuri. Aksi dikoordinir Yohanis Riri. Menariknya, pada ruas jalan yang rusak, para pendemo menanam pohon sebagai ungkapan protes.

Mereka meminta kepada Pemprov Maluku dan Pemkot Ambon agar segera memperbaiki kerusakan jalan sebelum waktu musim penghujan tiba. (NEL)

Most Popular

To Top