Polda Maluku Tabligh Akbar Jelang Ramadhan – Ambon Ekspres
Berita Utama

Polda Maluku Tabligh Akbar Jelang Ramadhan

Tabligh Akbar : Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto bersama Wakapolda Brigjen Pol Hasanuddin turut hadir dalam dzikir dan tabligh akbar yang diselenggarakan Polda Maluku di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (12/5).

AMEKS ONLINE, AMBON.—Di pagi hari akhir pekan lalu, ribuan umat muslim memadati Lapangan Merdeka (Lapmer) Ambon. Mereka mengikuti senandung dan Dzikir Akbar yang diselengrakan Polda Maluku. Ribuan jamaah itu terdiri dari personil TNI/Polri dan masyarakat.

Senandung dzikir dan doa yang dibalut dalam Tabligh Akbar ini, diselenggarakan dalam rangka menyongsong bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah dan menyambut Hari Bhayangkara ke 72. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan pesta demokrasi di Maluku tetap aman dan kondusif.

Dzikir akbar, diawali dengan shalat subuh berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan shalat gaib sebagai bentuk belasungkawa bagi sejumlah anggota Polri yang menjadi korban meninggal dunia terkait insiden di Lapas Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, beberapa hari lalu.

Dalam tabligh akbar itu, Polda Maluku menghadirkan penceramah Syekh Ali Jaber. Syekh Ali Jaber, didapuk mengimami shalat subuh dan shalat gaib. Sinergitas antara TNI/Polri terlihat jelas dari berbaurnya para personil kedua instansi tersebut bersama masyarakat.

Dalam tausiyahnya, Syekh Ali Jaber menekankan beberapa hal yang penting. Dia mengingatkan agar TNI-Polri bekerja dengan ikhlas karena tugas itu ibadah sehingga membawa keberkahan di dunia maupun akhirat.

Dia mengingatkan anggota TNI/Polri untuk bersabar dan selalu mensyukuri karunia yang diberikan Allah SWT. Menghadapi Ramadhan, Syekh Ali Jaber berharap umat muslim di Kota Ambon dan Maluku menjadikan bulan suci itu dengan baik terutama dalam memperbanyak ibadah dan amalan.

Dirinya juga berpesan agar setiap warga memberikan kontribusi dengan turut ambil bagian sebagai pemilih dalam Pilkada di daerah ini untuk memilih pemimpin yang amanah dan bertanggungjawab sehingga dapat membawa Maluku kepada kesejahteraan dan kemakmuran. “Silahkan pilih pemimpin yang baik. Semua warga wajib memilih. Siapa yang mengarahkan ? Hati nurani kita sendiri. Kalaupun orang yang kita pilih melakukan kejahatan, itu bukan salah kita, tapi salah dia (pemimpin yang dipilih) dan menjadi tanggungjawab dia sebagai seorang pemimpin,’’ tandasnya.

Syekh Ali Jaber juga menyinggung keanekaragamaan suku budaya dan agama di Indonesia secara umum dan Maluku khususnya. Olehnya itu, ia berpesan agar jangan jadikan perbedaan yang berujung perpecahan di tengah keragaman yang dimiliki bangsa ini. “Indonesia sangat aman meski beda suku beda budaya beda agama. Bila dibandingkan dengan negeri Arab. Indonesia aman, bahkan terhormat di mata dunia. Jangan sampai ada yang mengadu domba diantara kita. Kalau ada yang seperti itu kita harus tegas,” pesannya.

Disaat Tausiyah, Syekh Ali Jaber juga sempat mengucapkan belasungkawa mendalam atas gugurnya lima anggota Polri terkait indisen di Mako Brimob. Menurutnya, kelima Bhayangkara sejati ini meninggal dunia sebagai syuhada. “Turut berdukacita yang mendalam, khususnya bagi keluarga anggota Polri yang gugur dalam kejadian itu,” ujar dia.

Ia mengutuk keras bahwa tindakan dari para narapidana teroris membunuh kelima anggota Polri ini merupakan tindakan sangat keji dan tidak bertanggung jawab. “Mari kita mendoakan mereka, kelima anggota Polri yang jadi korban ini. Mudah-mudahan diterima di sisi Allah SWT. Dan keluarga ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran. Inna lillahi wa Inna ilaihi raji’un. Dan semoga kita semua diampuni oleh Allah SWT,” ucap Syekh Ali Jaber.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto menandaskan, tabligh akbar ini merupakan tindaklanjuti dari kebijakan Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mendinginkan suasana. Apalagi dalam waktu dekat umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah.

Disamping itu, masyarakat Maluku juga akan menghadapi perhelatan Pilkada Maluku dalam maupun Pilkada Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. Olehnya itu, perlu mendinginkan suasana agar agenda-agenda tersebut agar berjalan aman, damai dan kondusif. “Ditengah dinamikanya, kita perlu cooling system. Jangan sampai nanti over headed situasi yang panas kan banyak. Mau Pilkada, dan sebentar lagi Ramadhan, kita perlu menjaga kamtibmas. Artinya kita perlu bersama-sama mendinginkan atau menyejukkan suasana sehingga pada akhirnya Pilkada Maluku aman, damai dan kondusif. Berbagai macam kegiatan masyrakat dinamikanya itu aman lancar tertib, sehingga tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan bersama,” ujara mantan Kapolda Sulawesi Tenggara ini.

Agar semua dapat berjalan lancar, kata jenderal dengan dua bintang di pundak ini, maka perlu kerjasama di antara semua stakeholder baik itu TNI/Polri serta masyarakat. “Untuk menjaga stabilitas kemanan ini tetap kondusif, semua itu harus ada kontribusi dari masyarakat. Kalau TNI/Polri bekerja secara optimal, Insya Allah kita mengharapkan masyarakat dan stakeholder yang ada bersama-sama kita menjaga Maluku tanah pusaka kita,” kesannya.

Sebelumnya, dalam sambutanya memberikan sambutan sebelum dimulainya tabligh akbar, Revianto mengatakan tabligh akbar ini menjadi tempat berkumpul untuk memohon dan bermunajat kepada Allah SWT atas upaya-upaya di lakukan TNI/Polri dalam hal pengamanan pelaksanaan agenda-agenda besar nasional tersebut. “Harapan kita dalam situasi ini kita berdoa, Insya Allah akan berikan berkahnya, sedikit gerimis sejak malam tadi, Insya Allah kedepannya Maluku dingin kondusif aman dan damai,” tuturnya.

Dikesempatan itupulah, seorang personil Anggota Polda Maluku, Brigpol Fansur Tubaka dihadiahi Syekh Ali Jaber untuk umroh. Syekh Ali terkesima dengan suara Mansur saat membawakan Tilawatil Qur’an di saat pembuka tabligh akbar. (ERM)

Most Popular

To Top