Pejalan Kaki Disarankan Gunakan JPO – Ambon Ekspres
Amboina

Pejalan Kaki Disarankan Gunakan JPO

Foto Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.—Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang dibangun manajemen Maluku City Mall (MCM) Ambon telah resmi difungsikan untuk umum. Namun masih banyak pengunjung MCM yang menggunakan pembatas jalan sebagai tempat penyebrangan. Pengunjung pun disarankan untuk bisa menggunakan JPO sebagaimana fungsinya.

Selasa, (22/5), pihak MCM telah resmi memfungsikan JPO. Selama 24 jam, JPO bebas dilalui pengunjung maupun masyarakat pejalan kaki.
JPO sengaja dibangun sebagai akses penyeberangan, agar masyarakat maupun pengunjung tidak lagi menggunakan pembatas jalan sebagai tempat penyeberangan.

Namun, hingga kemarin masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan JPO sebagai akses penyebrangan. Dengan tetap menggunakan ruang pembatas jalan seukuran satu meter sebagai tempat penyebrangan.

Property Manager MCM Ambon, Alfiansyah Dwi Cahyo mengatakan, setelah JPO diresmikan untuk umum maka masyarakat maupun pengunjung MCM harus menggunakan JPO. Ini agar terhindari dari kecelakaan lalulintas. Apalagi ruas Jalan Jenderal Sudirman sangat ramai dengan aktifitas kendaraan.
“22 Mei kemarin kan JPO sudah difungsikan. Dan banyak pengunjung yang sudah mencobanya dengan melintasi JPO sebagai akses penyeberangan. Namun, jika ada masyarakat yang masih menggunakan lokasi lama untuk penyebrangan, maka kami sarankan agar bisa menggunakan JPO,” saran Alfiansyah, ketika dikonfirmasi Ambon Ekspres, Kamis (24/5).

Menurutnya, MCM baru bisa menyelesaikan JPO setelah dilakukan pemindahan tiang listrik milik PLN beberapa waktu lalu. Tiang listrik tersebut, awalnya berdekatan dengan tangga naik JPO. Dan jika tidak dipindahkan maka dapat membahayakan para pengguna JPO.

“Tiang kan sudah dipindahkan, maka kita langsung menyelesaikan pembangunan JPO yang sudah 90 persen lebih itu. Dan sekarang sudah difungsikan. Kami berharap, JPO ini bisa difungsikan dengan baik dan mari kita bersama-sama menjaga JPO ini sebagai akses penyebrangan satu-satunya di Kota Ambon,” harapnya.

Anggota Komisi III DPRD Ambon, Lucky Upulatu Nikyuluw menghimbau agar ada perhatian dari pemerintah kota maupun provinsi lewat dinas terkait, untuk segera menutup kembali pembatas jalan sehingga masyarakat tidak lagi menggunakan akses tersebut sebagai tempat penyeberangan. “Jika memang JPO sudah difungsikan, maka kami berharap masyarakat tetap menggunakan JPO. Jangan lagi menggunakan akses yang dianggap membahayakan keselamatan. Dan kalau bisa ada perhatian serius dari pemerintah untuk bisa menutup pembatas jalan tersebut sehingga tidak lagi digunakan oleh warga,” pinta politisi PDIP ini. (ISL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top