Jenderal Royke Siap Jaga Keamanan Maluku – Ambon Ekspres
Berita Utama

Jenderal Royke Siap Jaga Keamanan Maluku

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.—Setelah resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, pada Jumat (7/9/18) lalu, Irjen Pol Royke Lumowa akhirnya tiba di Kota Ambon, Selasa (11/9). Kedatangan mantan Kakorlantas Polri ini diterima Forkopimda di Bandara Pattimura Ambon.

Royke dan istri tiba di Bandara Pattimura Ambon dengan menggunakan pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1543 dari Bandara Sultan Baabulah Ternate, Maluku Utara (Malut), pukul 08.15 WIT. Di Malut, dia baru saja menghadiri acara peringatan Hari Olahraga Nasional tahun 2018 yang dipusatkan di Kota Ternate.

Pejemputan orang nomor satu di jajaran Polda Maluku juga diiringi tari dan musik tifa totobuang. Sejenak beristirahat, Royke yang menggantikan Irjen Pol Andap Budi Revianto yang didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol Akhmad Wigayus serta sejumlah pejabat utama menuju Mapolda Maluku.
“Saya akan meneruskan semua tugas-tugas dan kebijakan yang disampaikan oleh pejabat-pejabat sebelumnya. Dan tentunya, saya akan menjaga Maluku ini yang kondusif, aman, damai, sejahtera. Khusus dalam menghadapi Pemilu tahun depan (2019), bagaimana penciptaan kondisi harus betul-betul diciptakan dari sekarang bahkan dari sebelum sudah dilakukan oleh pejabat sebelumnya,” ujar Royke Lumowa kepada wartawan usai memberikan pengarahan perdana di Rupatama Polda Maluku.

Menurut dia, dirinya juga akan memprogramkan untuk bagaimana mengeleminir konfik-konflik sosial yang sering terjadi di masyarakat. Juga menjadikan polisi yang netral di Pemilu. ‘’Polisi juga harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat selaku pelopor disiplin disemua lini kehidupan,’’ terangnya.

Semua program ini, kata dia, tidak lepas dari peran masyarakat untuk bersama-sama membangun Maluku. ”Kita juga harus angkat kembali bagaimana potensi-potensi rakyat Maluku di bidang olahraga. Maluku yang begitu besar harus kita bantu bersama pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota. Polisi harus mendorong itu, dan menjaga solidaritas dengan semua stakholder dan semua elemen masyarakat kita rangkul untuk bersama-sama memberikan rasa aman kepada masyarakat,” janji dia.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, walaupun sudah tiba di Ambon, namun acara pisah sambut Kapolda Maluku tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Pasalnya, Kapolda Royke akan segera kembali ke Jakarta untuk melakukan pertemuan seluruh kapolda di Mabes Polri. ”Tanggal 17 September baru akan dilakukan penyerahan pataka Pataka Emarima Salawaku Polda Maluku dari pejabat lama kepada pejabat baru. Karena besok setelah pak Kapolda mengambil apel perdana di Lapangan Tahapary Tantui siangnya beliau ke Jakarta rapat seluruh Kapolda sehingga pisah sambut ditunda,” ujar Ohoirat. (ERM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top