Ini 4 Caleg DPR Elektabilitas Tertinggi

by

Ambon, ameksOnline.- Empat nama calon anggota DPR RI daerah pemilihan Maluku, memiliki eletabilitas tertinggi berdasarkan survei nasional yang dilakukan salah satu lembaga survei. Survei dilakukan sepanjang Januari lalu. Tiga wajah lama, masih mendominasi tingkat keterpilihan berdasarkan preferensi pemilih.

Tiga wajah lama, adalah Abdullah Tuasikal dari Partai Nasdem, Mercy Barends dari PDIP, dan Edison Betaubun dari Golkar. Kejutan terjadi di kursi keempat. Partai Keadilan Sejahtera punya elektabilitas tertinggi. Menariknya, Saadiah Uluputty justeru punya tingkat keterpilihan lebih baik dari Soedarmo diurutan kedua.

Dari empat caleg elektabilitas tertinggi ini, Mercy dan Edison adalah petahana. Keduanya hingga kini masih menjabat sebagai anggota DPR RI. Sementara Abdullah Tuasikal, adalah politisi Golkar yang kini sudah berpindah hati ke Nasdem. Di tangannya, dia berhasil membuat isterinya, Mirati Dewaningsih, dan anaknya Amri Tuasikal menjadi anggota DPR RI di periode berbeda.

Amri yang terpilih pada pemilu 2014 lalu, sudah mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir. Dia digantikan oleh Taslim dari Partai Gerindra, yang kini ikut mencalonkan diri. Sementara Mirati mencalonkan diri kembali menjadi anggota DPD RI. Sebelumnya dia juga pernah menjabat anggota DPD RI.

Nendy Kurniawan Asyari yang dikonfirmasi ameksOnline terkait survei tersebut, mengatakan elektabilitas Abdullah Tuasikal dengan urutan kedua Rosita Usman cukup besar. Demikian juga Edison Betaubun dengan peringkat dibawahnya. “Mereka kuat, karena basis massanya sudah lama terbentuk. Dan kerjanya cukup lama,” kata dia.

Sementara Mercy dengan urutan kedua, Safitri Malik Soulisa tidak terpaut jauh angka keterpilihannya. Kata dia, yang menarik pertarungan di PKS antara Saadiyah dan Soedarmo. “Saadiyah unggul, tapi perbedaannya masih di angka margin. Artinya, cukup tipis sekali. Jadi belum bisa ditentukan siapa yang bakal terpilih,” ungkap Nendy yang sudah berulangkali melakukan survei, baik pilkada, pileg, maupun pilpres.

Menurut dia, dua nama yang cukup aman, adalah Abdullah Tuasikal dan Edison Betaubun. Dua politisi ini memiliki tingkat keterpilihan dengan pautan angka cukup besar. “Hampir pasti keduanya bisa terpilih kalau tidak ada situasi yang luar biasa, dan dapat mempengaruhi preferensi pilihan pemilih,” pungkas dia.(yan)