Survei Konsultindo, Jokowi Menang di Maluku

by

Ambon, ameksOnline.-Hasil survei Parameter Konsultindo memenangkan pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Maluku. Meski begitu, di sisa waktu tiga hari ini, pasangan Prabowo Subianto-Salahudin Uno berpeluang menyalip.

Survei ini dilakukan dengan metode Multi Stage Random Sampling dengan 1.200 responden yang tersebar secara merata di 11 Kabupaten/Kota di Maluku.

Instrumen yang digunakan adalah kousioner dengan teknik wawancara. Tingkat kepercayaan 95 persen, dan margin of erro ± 3 persen.

Hasil survei yang dilakukan pada 1-8 April 2019, itu menunjukkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh 50,17 persen. Sedangkan pasangan Prabowo Suabianto-Sandiaga Uno 44,03 persen. Selisih kemungkinan menang antar kedua pasangan adalah 6,14 persen.

Menariknya, survei ini juga menemukan masih sekitar 5,80 persen dari total 1.200 responden yang belum menentukan pilihan (undecided voters).

Di sisi lain, masih ada 2,11 swing voters (pemilih mengambang) dari total 50,17 persen perolehan suara Jokowi-Ma’ruf. Sementara swing voter dari pasangan Prabowo-Sandiaga 1,98 persen.

Direktur Parameter Konsultindo Maluku, Edison Lapalelo mengatakan, hasil survei ini menunjukkan bahwa jika Pilpres digelar saat pengambilan data, dapat dipastikan pasangan Jokowi-Amin menang di Maluku. Tetapi masih tersisa beberapa hari, pasangan penantang masih potensi menyalip.

“Seperti Valentino Rossi, bisa salip di tikungan terakhir. Jadi, bisa berpotensi Jokowi-Amin unggul di atas 5 persen, tapi bisa berpotensi Prabowo-Sandi unggul dengan selisih 0 sampai 1 persen di Maluku,”jelas Lapalelo dalam konferensi pers publikasi hasil survei PT. Parameter Konsultindo Research & Consultant di Manise Hotel, Sabtu (13/4).

Keunggulan sementara Jokowi ini termasuk cukup besar. Pada Pilpres 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf kalla menang tipis atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajadsa, yakni 2. 443.040 (50,52 persen) dan 433.984 (49,48 persen) atau hanya selisih 1,04 persen. (TAB)