Koperasi TKBM Ambon Sehat

by

Ambon, ameksOnline.- Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pada Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, merupakan salah satu dari 40 lebih koperasi yang dinyatakan sehat oleh Dinas Koperasi di Kota Ambon. Hal tersebut dibuktikan dengan Gelar Rapat Akhir Tahun (RAT).

Demikian disampaikan pimpinan koperasi TKBM Ambon, Rawidin Ode kepada Ambon Ekspres diruang kerjanya kemarin. Koperasi TKBM Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, telah menjalankan amanat sesuai Undang Undamg nomor 25 tahun 1992 tentang koperasi.

” Setiap tahunnya koperasi TKBM Ambon menggelar RAT. Dari RAT tersebut kami membahas mengenai manajemen koperasi serta pertanggungjawaban keuangan secara rutin,” kata pimpinan koperasi TKBM Ambon, Rawidin Ode kepada Ambon Ekspres, Selasa, (11/6).

Pertanggung jawaban keuangan pihak TKBM Ambon diawasi secara ketat. Setiap tiga bulan sekali koperasi yang dipimpinnya itu diaudit oleh auditor internal mereka. Sedangkan audit eksternal yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Kota Ambon, dilakukan satu tahun sekali.

Mengenai sistem pengupahan, Koperasi TKBM selalu mengacuh pada keputusan keputusan Menteri Perhubungan KM nomor 35 tahun 2007. Dimana upah bagi tenaga Koperasi TKBM dibayar langsung kepada buruh yang bekerja.

” Untuk kesejahteraannya, semua anggota koperasi TKBM diikutsertakan dalam program BPJS Ketenaga kerjaan. Sedangkan BPJS sedang dalam proses pengurusan. Prinsipnya kami akan melakukan yang terbaik sesuai dengan standar operasional prosedur,” jelasnya.

Di tahun 2019 anggota TKBM dan karyawan Koperasi TKBM Ambon berjumlah 405 orang. Sedangkan buruh bagasi yang bekerja di pelabuhan Yos Sudarso Ambon sebanyak 400 orang dan buruh cadangan sebanyak 250 orang.

” Dengan adanya peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU), maka koperasi TKBM dapat memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan atau anggota yang berhak menerimanya. Olehnya itu, saya berharap kedepannya koperasi ini dapat bekerja lebih maksimal guna mewujudkan kesejahteraan anggota,” pungkasnya. (AKS)