BPJS Putus Kerjasama Dengan RS Sumber Hidup

by

Ambon, ameksOnline.- Setelah beberapa rumah sakit di Provinsi Maluku yang dihentikan kerjasama dengan BPJS Kesehatan, kini satu lagi rumah sakit yang dihentikan kerjasamanya, yakni RS Sumber Hidup di Kota Ambon.

Rumah Sakit (RS) Sumber Hidup terhitung sejak tanggal 15 Juni 2019 kerjasama antara BPJS Kesehatan di hentikan. “Hal ini disebabkan berakhirnya status akreditas rumah sakit tersebut sejak 14 Juni 2019. Maka terhitung 15 Juni 2019, rumah sakit ini tidak lagi melayani pasien BPJS Kesehatan,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afiana Latumakulita, Jumat(14/6) melalui surat pemberhentian kerjasama yang diberikan kepada wartawan di Kota Ambon.

Sama seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, putusnya layanan BPJS Kesehatan tersebut karena masalah akreditasi rumah sakit.“Bahwa yang diputus kontrak murni adalah rumah sakit yang punya sertifikat akreditasi dan kemudian habis,” jelasnya.

Dijelaskan, merujuk pada ketentuan bahwa dalam proses kerjasama antara Rumah Sakit dengan BPJS Kesehatan diperlukan persyaratan wajib terakreditas.

Hal ini sesuai dengan peraturan Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 Tentang Rumah Sakit pada pasal 40. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 17 Tahun 2013 serta Nomor 34 Tahun 2017.

“Dimana menjelaskan akreditasi menjadi salah satu syarat wajib yang harus dimiliki rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
Tujuan akreditasi adalah untuk memastikan peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan,” tuturnya.

Akreditasi merupakan bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu oleh fasilitas pelayanan kesehatan.

Akreditasi,  juga bertujuan untuk melindungi tenaga kerja yang bekerja di rumah sakit sehingga persyaratan sudah berlaku sejak 2014 lalu atau awal mula BPJS Kesehatan. (IWU)