Komitmen Politik Assagaff-Rentanubun

  • Whatsapp

Rentanubun belum mau menyebut angka survei saat ini. Tetapi, ia yakin masuk empat besar nama balon wagub yang sudah dikantongi Assagaff. Ia juga optimis, akan dipilih. “Saya kan sudah bilang dari pertama kali wawancara, bahwa 1000 persen akan digandeng pak Bip. Jadi, kita ikuti saja perkembangannya,” pungkasnya.
Diberitakan sebelumnya, pengamat politik Universitas Pattimura (Unpatti), Johan Tehuayo mengatakan, dari variabel kekuatan birokrasi, Rentanubun lebih unggul dari beberapa balon wagub lainnya. Ia menjabat Bupati Maluku Tenggara mendekati dua periode (2008-2013 dan 2013-sekarang).
Selama masa kepemimpinan Rentanubun dan wakilnya, Yunus Serang nyaris tidak tersentuh kasus hukum dan korupsi. Baik dalam konteks pemerintahan maupun secara personal. Sehingga, Rentanubun memiliki pencitraan positif di masyarakat Malra. “Dalam perspektif pengaruh dan pengalaman serta dukungan publik figur, Anderias Rentanubun memiliki peluang untuk direkrut menjadi balon wakil gubernur mendampingi pak Said Assagaff dalam kompetisi Pilgub Maluku 2018,” kata Tehuayo kepada Ambon Ekspres.
Secara politis, lanjut Tehuayo, Rentanubun juga pasti berpengaruh karena merupakan bagian dari partai Golkar. Golkar akan mempertimbangkan format kader-kader. “Dalam konteks memenangkan figur potensial dari kader Golkar dalam pilgub, selain pak Eti (Zeth Sahuburua), juga Andre. Oleh karena itu, keputusan politik petahana (Said Assagaff) secara personal dan Golkar secara struktural dalam mempertimbangkan kapasitas Andre merupakan keputusan yang rasional, proporsional dan strategis,” papar Tehuayo.

Related posts