Komitmen Politik Assagaff-Rentanubun

  • Whatsapp

Tapi beberapa faktor bisa menjadi kelemahan Anderias, jika tidak dikelola dengan baik yakni, agama dan figur lain dari Tenggara Raya. Rentanubun pemeluk Katolik yang memiliki jumlah sekitar 42.604 dan Kristen Protestan 25.435 (Sensus 2010) di Maluku Tenggara. Sementara secara keseluruhan Maluku, Kristen Protestan yang signifikan yakni 41,40 persen dan Katolik hanya 6,76 persen penduduk.
Menurut Tehuayo, faktor primordial keagamaan tidak dimobilisasi ke dalam hal politik praktis. Di Tenggara, justru faktor yang berpengaruh adalah etnisitas. “Faktor primordial keagamaan di Tenggara dalam pandangan saya, lebih personal antara manusia dengan Tuhan. Tidak bisa dimobilisasi ke persoalan politik yang kekuasaan. Yang sangat berpengaruh untuk dimobilisasi di Tenggara adalah etnis dan sumber daya alam,” urainya.
Kelemahan berikutnya, kata dia, munculnya figur balon wagub lain seperti Ketua DPRD Maluku Edwin Adrian Huwae, Mercy Barends dan Barnabas Orno. Sedangkan balon cagub yang juga dari Tenggara yakni Herman Koedoeboen dan Komarudin Watubun.(TAB)

Related posts