Direktur Polair Diadili

  • Whatsapp

Selanjutnya tembusan surat perintah penangkapan atas diri pemohon tidak segera diberikan termohon kepada keluarga pemohon sesuai ketentuan pasal 18 ayat (3) KUHAP. Batmomolin juga mempertanyakan kewenangan Polair Polda Maluku dalam melakukan penangkapan dan penahanan terhadap setiap orang yang diduga terlibat kasus tindak pidana umum.

Terhadap permohonan praperadilan yang diajukan oleh pihak pemohon, majelis hakim diharapkan dapat mengabulkan permohonan praperadilan secara keseluruhan dan menghukum termohon untuk membayar ganti rugi materil kepada pemohon sebesar Rp. 1miliar.

Read More

Dalam waktu sidang yang sama, tim pansehat hukum juga membacakan tanggapan terhadap gugatan praperadilan yang diajukan oleh pihak pemohon. Mereka menuntut untuk Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini untuk memutus dengan menyatakan menolak dengan tegas dalil-dalil hukum yang diajukan oleh pihak pemohon.
Menurut mereka, proses penetapan tersangka dan penahanan telah sesuai dengan mekanisme penyelidikan dan penyidikan sebagaimana diatur dalam aturan perundang-undangan.

Selain itu, permohonan ganti rugi yang diajukan oleh pihak pemohon senilai Rp. 1 miliar tidaklah jelas karena tidak dirincikan secarah detail oleh pihak pemohon.
Setelah mendengar pembacaan guatan dan keberatan dari kedua pihak majelis langsung menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda Duplik dan Reflik dari kedua pihak.(MG1)

Related posts